CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 07-11-2023 23:47:00

Bacaan Talbiyah dan Terjemahannya Yang di Lafalkan Saat Haji

Haji adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam, yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu sekali seumur hidup. Ibadah ini dilakukan di kota suci Mekah, dan salah satu elemen penting dalam pelaksanaan ibadah haji adalah membaca Talbiyah. Talbiyah adalah ungkapan lafaz kalimat khusus yang diucapkan oleh jamaah haji saat memasuki Mekah dan sepanjang pelaksanaan ibadah haji. Dalam artikel ini, kita akan membahas Bacaan Talbiyah dan terjemahannya yang diucapkan saat haji.

Talbiyah adalah ungkapan khusus yang menjadi simbol kesetiaan dan kepatuhan seorang muslim kepada Allah SWT. Ini adalah ungkapan yang sangat penting dalam ibadah haji, dan jamaah haji dianjurkan untuk membacanya dengan khushu' dan penuh pengabdian. Talbiyah adalah tindakan mengungkapkan kesetiaan kepada Allah dan mempersatukan hati dan jiwa untuk tujuan ibadah yang suci.

Berikut adalah Bacaan Talbiyah dalam bahasa Arab beserta terjemahannya:

اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ

"Allahumma labbaik, labbaik, laa syarika laka labbaik. Innal hamda wannimata laka wal mulk, laa syarika laka."

Terjemahannya:

"Ya Allah, aku datang dengan penuh ketaatan. Aku datang dengan penuh ketaatan, Engkau tidak memiliki sekutu. Aku datang dengan penuh ketaatan. Sesungguhnya segala pujian, nikmat, dan kerajaan adalah kepunyaan-Mu, Engkau tidak memiliki sekutu."

Bacaan ini diucapkan oleh jamaah haji sejak tiba di Miqat, yaitu titik awal perjalanan menuju Mekah, dan terus diulang-ulang sepanjang pelaksanaan ibadah haji. Ini adalah ungkapan yang mengingatkan setiap jamaah haji tentang komitmen mereka kepada Allah dan tujuan utama ibadah haji, yaitu mendekatkan diri kepada-Nya.

Bacaan Talbiyah juga mengingatkan kita akan ketaatan dan ketundukan yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Dalam ibadah haji, setiap jamaah haji menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan menyadari bahwa hanya kepada-Nya kita kembali. Ini adalah pengalaman spiritual yang mendalam yang mengingatkan kita akan rendahnya diri kita di hadapan Allah.

Selain itu, Talbiyah juga mengingatkan kita tentang pentingnya bersatu dan bekerjasama dalam menjalani ibadah haji. Saat jamaah haji membaca Talbiyah bersama-sama, mereka merasakan persatuan dalam agama Islam dan tujuan yang sama, yaitu menunaikan ibadah haji dengan baik dan benar.

Dalam pelaksanaan ibadah haji, Talbiyah juga menjadi pengingat bahwa setiap muslim datang dari berbagai sudut dunia, berbagai suku dan budaya, namun mereka bersatu dalam satu keyakinan dan satu tujuan. Inilah esensi dari umat Islam yang bersatu dalam iman kepada Allah.

Bacaan Talbiyah dan terjemahannya adalah ungkapan yang sederhana namun penuh makna dalam ibadah haji. Ungkapan ini mengingatkan kita akan ketaatan, kesatuan, dan kerendahan hati di hadapan Allah. Saat jamaah haji membaca Talbiyah, mereka mengikuti jejak nabi Ibrahim AS dan nabi Isma'il AS, yang membangun Ka'bah sebagai tempat ibadah kepada Allah. Dengan membaca Talbiyah, mereka mengulang kembali sejarah ibadah haji yang dimulai dari zaman nabi Ibrahim AS.

Sebagai muslim yang belum melakukan ibadah haji, kita dapat belajar dari makna Talbiyah ini. Meskipun kita mungkin belum memiliki kesempatan untuk melakukan ibadah haji, kita dapat selalu mengingatkan diri kita akan pentingnya ketaatan kepada Allah, persatuan umat Islam, dan kerendahan hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Bacaan Talbiyah adalah pengingat yang kuat untuk menjalani hidup sebagai muslim yang taat dan patuh kepada Allah, di mana pun kita berada.

Umroh Plus Turki Cappadocia 2024

Posting by Admin

Umroh Plus Turki Cappadocia 2024

Umroh Plus Turki Cappadocia 2024 BIAYA UMROH SUDAH TERMASUK :     Tiket Pesawat  PP (CGK-JED-CKG)     Visa Umroh     AKomodasi Hotel di Tanah Suci     Makan 3x SEhari     Pembimbing Ibadah / Muthawif     Manasik Umroh 1x Di Kantor AlHijaz     Ziarah Mek



8407 Kali