CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 27-03-2023 23:09:05 Bacaan Talbiyah

Bacaan Talbiyah Haji dan Umroh | Kapan Waktu Pengucapannya

Seperti yang Kita Ketahui melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yaitu rukun yang 5. Haji merupakan istilah di mana umat Muslim berkunjung ke Baitullah, di Makkah untuk melakukan ibadah pada waktu dan cara tertentu serta dilakukan dengan tertib, Pelaksanaan ibadah Haji hanya di satu waktu, yaitu ketika bulan Haji.


Dalam Alquran yang artinya sebagai berikut:
"Mengerjakan haji merupakan kewajiban hamba terhadap Allah yaitu bagi yang mampu mengadakan perjalanan ke baitullah. Barangsiapa mengingkarinya, maka sesungguhnya Allah Maha kaya tidak memerlukan sesuatu dari semesta alam." (Q.S Ali Imran : 97).

Ayat tersebut memerintahkan kepada kaum muslimim untuk melaksanakan ibadah haji jika mampu

Saat melaksanakan ibadah haji ataupun umroh, ada satu bacaan yang sering dilantunkan oleh peserta haji/ umroh ketika berada di Tanah Suci. Bacaan tersebut adalah bacaan talbiyah, yang diucapkan oleh jemaah haji

Apa bacaan talbiyah dan artinya?

Labbaykallahumma labbayk, labbayka la syarika laka labbayk. Innal hamda wan ni‘mata laka wal mulk. La syarika lak.

Artinya,

"Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segala kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu."

Bacaan talbiyah ini juga dijelaskan dalam salah satu hadis riwayat Bukhari yang artinya
"Dari 'Aisyah radliallahu 'anha berkata; Sungguh aku mengetahui bagaimana cara Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertalbiyah: bahwa cara talbiyah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah: "Labbaikallahumma labbaik. Labbaika laa syariika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata ". ("Aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilanMu tidak ada sekutu bagiMu. Sesungguhnya segala puji, nikmat milikMu")."

Bacaan talbiyah dibaca ketika apa?

Adapun tata cara pembacaan talbiyah adalah, mulai dibaca setelah niat ihram dari miqat, baik ihram haji maupun ihram umrah. Waktu berakhirnya bacaan talbiyah adalah ketika orang yang berumrah hendak memulai tawaf bagi jemaah yang melakukan umrah

Shalawat dan Doa

Selesai mengucapkan bacaan talbiyah, para jemaah haji akan melanjutkannya dengan membaca shalawat seperti berikut ini:

Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala ali sayyidina Muhammadin.

Artinya,

"Ya Allah berilah kesejahteraan dan keselamatan atas Junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya."

Selesai membaca shalawat, berikut adalah doa permohonan ridha dan surga yang dianjurkan untuk dibaca sebagai penutup dari shalawat:

Allahumma inna nas’aluka ridhaka wal Jannah, wa na‘udzu bika min sakhatika wan nar. Rabbana atina fid duniya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban nar.

Artinya,

"Ya Allah sungguh kami memohon ridha dan surga-Mu. Kami berlindung kepada-Mu dari murka dan neraka-Mu. Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Setelah membaca artikel ini, mari Kita hafalkan bacaan talbiyah agar pada saat kita umroh ataupun haji sudah hafal dan tau kapan membacanya.

Paket Umroh Kereta Cepat

Travel Umroh Terbaik

Paket Umroh Promo Bekasi

Posting by Admin

Paket Umroh Promo Bekasi

Bacaan Talbiyah Haji dan Umroh | Kapan Waktu Pengucapannya Menjelajahi Spiritualitas dengan Paket Umroh Promo di Bekasi Bagi para warga Bekasi yang telah lama merindukan momen spiritual di Tanah Suci, kini saatnya untuk meraih impian tersebut dengan Paket Umroh Promo Bekasi yang menggiurkan. Dengan harga spesial yang ditawarkan, pe



96 Kali